Melihat Tren di Twitter dengan Twist

Selain Facebook, Twitter menjadi salah satu media tempat para pengguna internet berbagi informasi dengan saat ini. Bahkan tak jarang, penyebaran informasi melalui media ini lebih cepat dibandingkan melalui TV atau radio. Penyebaran berita dari satu orang ke orang lainnya dengan cepat ini biasa disebut dengan buzz effect. Nah, untuk mengetahui sejauh mana buzz effect suatu informasi melalui Twitter, Anda bisa memantaunya menggunakan aplikasi Twist.

Twist mampu menghasilkan data tentang berapa persen penggunaan suatu kata oleh para pengguna Twitter dalam satu waktu. Data tersebut ditampilkan dalam bentuk grafik, sehingga Anda bisa melihat perkembangan tren kata kunci tersebut dari waktu ke waktu. Untuk mencoba aplikasi yang satu ini, bukalah alamat http://twist.flaptor.com/

Ketikkan kata kunci pada kolom bagian atas, kemudian klik tulisan Show Trends. Disini Anda juga bisa membandingkan antara satu kata kunci dengan kata kunci lainnya dengan cara memisahkan keduanya dengan tanda koma.

Kali ini kita coba masukkan kata kunci ‘Michael Jackson’, dan inilah grafik tren ‘Michael Jackson’ dalam 24 jam terakhir (data tanggal 26 Juni 2009, pukul 11.oo0) :

Dari data tersebut terlihat buzz effect mengenai Michael Jackson di Twitter mencapai puncaknya pada jam 5.30 WIB, yaitu saat berita tentang kematian Michael Jackson mulai diketahui orang banyak. Grafik menunjukkan pada saat itu, sebanyak 22.61% isi posting para pengguna Twitter mengandung kata Michael Jackson. Mmmm, aplikasi ini cukup menarik bukan?

Artikel terkait :

Penulis : Rieka

Setelah 3.5 tahun berkecimpung di dunia riset media TV, perempuan ceriwis ini memantapkan hatinya untuk menggeluti media internet. Selalu ingin tahu dan senang mempelajari hal baru. Di Gagasimaji tugasnya mengelola media, termasuk didalamnya mengatur artikel untuk Diatasawam. Ikuti twitternya di http://twitter.com/riananda.

Tulis Komentar